Rabu, 10 Januari 2018

Cara belajar unik ala ibu dan anak

Part 2

Perjalanan bersama si kecil, tragedi kotoran ayam, kunci rumah yang dititipkan kebawa lagi, nyari-nyari alamat.........

            Emang pelatihan apa sich..... Yang penting peralatannya bawa laptop. Alhamdulillah, laptop yang hari-hari menemani untuk membuat laporan-laporan kegiatan &  buat ketik mengetik saat ini memang sedang kritis nggak bisa hidup kalo nggak dicolokin ke sumber listrik. Untuk mempermudah belajarnya agar tidak terkendala, maka saya memutuskan untuk meminjam laptop.

            Pelatihan atau belajar hari ini adalah belajar sesuatu yang belum pernah saya pelajari ketika di bangku sekolah maupun kuliah. Dikomandani oleh mbak Unna, kami belajar bersama-sama untuk nge-blog. Blog. Blog itu apa ya. Perihal blog secara detail akan saya ceritakan kapan-kapan yach.

            Yah, namanya juga baru kenal sama si blog. Belom lama gaesss. Kenalnya beberapa hari yang lalu. Yuk kita belajar nge-blog bareng. Malu ah sama anak jaman now, udah akrab banget sama internet, u tub, wacap, watped, gugel dan sederet istilah yang belum pernah kujumpai sewaktu ABGeh (Ketauan ea generasi jadul).
            Ini bukan gaya-gayaan ya pelatihan bikin blog. Karena awalnya ide ini sebenarnya bukan termasuk planning. Tapi berhubung puenting...... dan ada hubungannya dengan  dunia kepenulisan akhirnya lahirlah ide ini dari ibu-ibu profesional Batam. Ssssttt, bukan cuman orang kantoran yang bisa profesional, emak-emak yang hari-hari mondar mandir di area dapur sumur kasur (kata pak ustad) ...... etah juga bisa profesional atuh.

Kembali mengurai pertanyaan tersebab melihat pemandangan yang tidak biasa, mainan bertebaran di seluruh sudut ruangan, hidangan bakso di meja makan, hm... di mana tempat pelatihannya ya.

The other screen (si kecil) :
“Tak mau, tak mau, mau pulang... enggaaakkkk.” Jeritku
“Kok aku diajak kesini, siapa itu, kok belum pernah jumpa sebelumnya. Aku mau diapain ya. Tidakkkkk”, batinku
               Tapi sekuat apapun aku ingin berlari tak mau masuk rumah ini, Ummi malah menggendongku. Yaiyalah mi, ummi strong, kalo udah digendong begini susah nak kabur lagi. Dag dig dug, dag dag dag, dug dug dug. Aku takut, kaget, dengan situasi yang baru ini. Hhhhhh mau ngapain di sini. Tapiiiii...., ada mainan sih. Ah enggak ah. Takut. Aku menempel tak mau melepas pegangan tanganku. Ketika dudukpun masih memegang erat lengan ummi. Ku amati suasana sekeliling, ada mainan, adik-adik, kakak-kakak, ibu-ibu, buku-buku, makanan. Ku lihat ummi sedang memarkir mainan mobil-mobilan kecil ukurannya, tapi banyak jumlahnya. Di jejer rapi. Ah aku bantu ah.

               Alhamdulillah, si kecil yang tadinya tidak mau diajak masuk ke dalam rumah, akhirnya setelah diselingi drama akhirnya nyaman berada ditempat itu. Ya duong.... ada mainan, ada makanan ampe nambah-nambah lagi makannya, itu dunia anak-anak banget.

               Si kecil nyaman, emak-emak pun beraksi mengeluarkan laptop dari gendongan tas nya. Di awali dengan bismillah belajar dimulai. Cari-cari colokan kabel, cari-cari posisi yang  uenak, sambil buka laptop dan nyambungin internet dengan modem yang saya bawa. Oke, mulai ya....ketik mengetik.....

               Buka internet, ketik “blogger”, jreng-jreng keluar tampilannya. Tapi sebenarnya masih penasaran emang blog apaan ya. Selanjutnya yang sudah ada email gmail sudah bisa langsung ya. Tapi belum ada bikin dulu ya. Nggak lupa dong sama alamat emailnya tapi lupa juga nih passwordnya. Alamakk podo wae (sama saja).

               Wait kenapa ini, saya bermaksud nak menulis aloemmyhpai@gmail.com, kok yang keluar tulisan loemmy@gmil.com apa ada yang salah....... Coba lagi-coba lagi...... eh ternyata huruf a nya tidak keluar sodara-sodara. Nasib sungguh beruntung. Sudahlah laptop pinjam, huruf “a” nya ngumpet pula. Padahal itu adalah huruf yang sangat fenomenal, sangat sering kita ketik, sangat sering kita pakai. Kebayang nggak sih bikin sebaris kalimat tanpa huruf a sama sekali. Kita kalimat apa ya?......
Mungkin contohnya:
“Buku itu menurut ibuku sungguh unik “
Kalau kamu, bisa nggak bikin sebaris kalimat tanpa huruf a. Coba dong, barangkali karena dirimu daku jadi bisa.... (sile ketik di kolom komentar ya...)

            Back sudahlah laptop pinjam, huruf “a” nya ngumpet pula. Duh gimana ni. Tiba-tiba ada ide yang terlintas, kita khan bisa ya copy paste dari artikel lain. Oke saya buka program word sama excel , saya cari artikel dan laporan saya yang ada huruf “a” nya. Ketemu..... ternyata gampang pakai yang program excel. Dari program ini, kita copas huruf a, lebih mudah sekalian kita ketik kata-katanya disini, setelah itu copas ke aplikasi chrome (internet). Alhamdulillah bisa.

            Trus untuk emailnya tadi gimana..... kan lupa password. Udah pikirkan nanti aja yang penting hari ini tau step by step untuk membuat blog. Karena belajar seperti ini tidak bisa sekali teori langsung lihai. Atau sekali praktek langsung bisa. Tapi butuh otak-atik, banyak belajar sampai faham.

            Dengan gmail, sudah bisa membuat blog. Nah sekarang mau dikasih nama apa blog nya.....krik krik krik. Nama apa ya..... ini penting nih. Kita ingin menulis tema apa baru kemudian tentukan nama. Tema apa saja contohnya parenting, travelling, makanan, atau tema yang lain. Dari tema tersebut bisa kita buat namanya. Tapi sayang nya disinilah kegalauanku, Pengen sih menulis tentang cerpen, tapi saya juga ingin menulis artikel yang islami, trus pengen juga bagi-bagi trik menangkap kecoa, dan masih banyak lagi. Tapi nama blog juga bisa dari nama kita sendiri atau yang lain terserah kitalah. Tapi yang namanya bikin nama blog ternyata bagi saya butuh pertimbangan yang matang, kayak bikin nama bayi....... tapi yang ini baby blog he he he.

Oke akhirnya saya belum bisa memutuskan membuat nama blog yang tepat dan setelah beberapa hari kemudian terbitlah nama blog ini http://ummukhana.blogspot.co.id. Blog itu sekarang kemana......

(bersambung)

2 komentar:

  1. semoga konsisten dengan isi blognya ya mbak

    BalasHapus
  2. keren kak ... cara belajar yang unik memang membuat anak anak jadi lebih ingin tahu dan ingin belajar lebih

    BalasHapus