Sabtu, 27 Januari 2018

Rumah Belajar Binaan IIP Batam

Komunitas Ibu Professional yang dirintis oleh ibu Septi Peni Wulandani, senantiasa berbagi dan menularkan ilmu-ilmunya yang bermanfaat agar perempuan yang senantiasa ingin meningkatkan kualitasnya sebagai seorang ibu, istri dan juga sebagai dirinya sendiri. Yang pada akhirnya ilmunya juga ditularkan secara online ke berbagai kota. Salah satu diantaranya kota Batam, yang kepengurusannya di ketuai oleh mbak Erli.


Dalam kontribusinya  meningkatkan kualitas seorang perempuan menjadi lebih unggul dan profesional, pembelajaran yang ada di IIP Batam tidak hanya secara online tetapi juga secara offline.
Hal ini terbukti dengan adanya kegiatan kopdar untuk setiap rumah belajar dibawah binaan IIP Batam  yang secara resmi  launching pada tanggal 21 Januari 2018 di Tea Box – Khazanah Plasa, Sukajadi. Tapi jangan salah karena rumbelnya selama ini sudah aktif melakukan kegiatan secara offline maupun online. Contohnya seperti rumbel menulis yang sudah menghasilkan beberapa artikel, kemudian rumbel Al qur’an yang sudah aktif belajar tahsin, rumbel Craft yang sudah melakukan kegiatan pelatihan  merajut dan kegiatan rumbel yang lain.

Kegiatan launching kali ini di sertai dengan tausiah oleh Ustadzah Afifatun Nisa, Lc dan belajar Workshop foto oleh mbak Yayuk Wulan W.
Belajar di Komunitas Ibu Profesional itu menyenangkan, tidak menyita waktu,  bisa sambil main dengan anak,  pembelajaran  materi secara online, pemberian tantangan nice homework (NHW) dan ada kegiatan offline yang  memfasilitasi ibu-ibu  untuk bisa belajar sesuai dengan passionnya masing-masing. Anggaplah sesuai dengan bakat dan minat masing-masing mau ikut belajar yang mana.
Yang menarik bagi saya dalam kegiatan launching kali ini adalah  suasananya. Umumnya kegiatan resmi, biasanya anak-anak “diamankan”.  Tapi yang saya lihat kebanyakan ibu-ibu yang hadir membawa serta anak-anak, begitu juga saya. Melihat banyak anak-anak usia balita, saya jadi teringat suasana kegiatan posyandu. Untungnya semua yang ada disitu adalah calon ibu dan ibu yang paham betul bagaimana tingkah polah anak-anak. Anak-anak yang menangis, menjerit, berebut mainan, seliweran di depan pemateri, bermain suara microphone, memainkan bayangannya didepan proyektor, dan masih banyak lagi. Namun demikian tidak menyurutkan niat para ibu-ibu hebat untuk belajar menjadi ibu terbaik bagi mereka.




Kegiatan launching kali ini meresmikan Rumah belajar (Rumbel) yang ada di IIP Batam ada 7. Rumbel nya  antara lain:
Rumah Belajar by Passion:
1.      Rumbel  Craft :  PJ Annisa IstiQamah
2.      Rumbel  Menulis : PJ Lubnah Lukman
3.      Memasak : PJ Safriani
4.      Bisnis : PJ Evi Krisnawati
5.      Menjahit :  PJ Meylisa Eka Putri

Rumah Belajar (Rumbel) by Necessity:
6.      Qur'an Learning Centre IP Batam : PJ Resha Nesia
7.      Homeschooling

Rumbel by passion adalah rumbel resmi  dari pusat IIP,  tempat belajar bagi calon ibu dan ibu yang telah resmi bergabung dan mengikuti pembelajaran di IIP Batam
Sedangkan rumbel by necessity adalah rumbel yang timbul karena kebutuhan ibu atau anak, bukan passion. Bisa jadi antar IIP satu kota dengan IIP Kota lain berbeda.

Sebelum adanya CoC (Code of Conduct) semacam kode etik yang ada di Ibu Profesioanal  tidak ada batasan dalam mengikuti rumbel. Namun setelah adanya materi CoC, maka ada ketentuan  batas maksimal 2 rumbel. Untuk rule yang lain adalah sebagai berikut:

1.      Rumbel ini GRATIS
2.      Rumbel sifatnya tidak wajib
3.      Setiap pengurus dan member hanya boleh mengikuti rumbel by passion maksimal 2 rumbel
4.      Setiap pengurus dan member boleh mengikuti 2 rumbel by necessity, meskipun sudah ikut 2 rumbel by passion

Alhamdulillah banyak tambahan ilmu melalui kegiatan ini antara lain dari materi Ustazah Afifah yang menerangkan bagaimana istri-istri Rosulullah juga mampu mengembangkan potensinya masing-masing. Sedangkan workshop basic photography dengan pemateri mbak Yayuk Wulan, belajar bagaimana cara mengambil foto dari berbagai angle, pengaturan cahaya agar foto terkesan nature, penambahan pernak-pernik foto, dan lain-lain. Juga bisa berkenalan dan bersilaturahmi dengan ibu-ibu hebat yang sama-sama belajar menjadi lebih baik. Semua guru semua murid.

Hasilnya seperti foto dibawah ini yang saya sertakan untuk dinilai dalam perlombaan


Foto untuk lomba
                                                                                                       
foto untuk lomba

7 komentar:

  1. Wah makin tertarik nih gabung di IIP. Mencerdaskan bunda-bunda ya Mbak.

    BalasHapus
  2. Kereenn Mbak, bagus fotonya, aku ga dpt feel nya waktu itu. Hiks

    BalasHapus
  3. Ada cabangnya di Medan ? Tertarik untuk ikutan belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya di kota-kota besar ada. coba klik infonya di www.ibuprofesional.com

      Hapus
  4. wah ada belajar craft nya, seru ya

    BalasHapus