Senin, 08 Januari 2018

Sambal Kering Tempe
           
            Tempe adalah salah satu makanan khas Indonesia. Bukan orang Indonesia namanya kalau tidak tahu makanan ini. Ibarat makanan rakyat jelata yang sedang naik kasta. Yup, kenyataannya memang seperti itu. Tempe dengan harga yang sangat terjangkau oleh kantong-kantong rakyat biasa ternyata juga dinikmati kalangan menengah ke atas dan kalangan atas. Gak percaya. Tanyalah presiden kita sekarang ini pernahkah beliau makan tempe?

            Tempe dengan aneka varian dan bentuknya, tempe kedelai, tempe gembus, tempe koro, dan masih banyak lagi. Untuk cara pembuatannya ada yang secara tradisional  dan sudah ada juga yang memakai mesin yang canggih. Pengemasannya pun bermacam-macam memakai daun jati, daun pisang dan juga dibungkus plastik. Bentuk tempenya bulat lonjong, segi empat, segi panjang.

            Aneka olahan tempe sangat beragam. Dimasak goreng, disambal, direbus, dibuat perkedel, tempe bacem, gulai tempe, kering tempe, burger tempe, dan masih banyak lagi sesuai kreasi. Soal kandungan gizi, tempe termasuk makanan yang mengandung protein yang sangat tinggi karena berasal dari biji kedelai yang difermentasi.

            Dari berbagai jenis olahan dari tempe, yang menjadi rebutan di keluarga kami adalah sambal kering tempe. Pernah satu ketika saya sengaja menyiapkan sambal kering tempe agak banyak saya simpan di toples. Sambal ini memang awet dan tahan lama tanpa perlu di hangatkan lagi. Tapi apa yang terjadi. Sebentar-sebentar saya dengar bunyi pintu lemari makanan dibuka oleh anak-anak (kayak kucing ya, hafal banget suara pintu lemari, hihihi. Karena tak hanya sekali dua kali maka saya penasaran apa yang dilakukan oleh anak-anak. O.... ternyata, mereka sebentar-sebentar buka lemari makanan bukan karena hendak makan nasi, tapi nggado (bahasa jawa: makan lauk tanpa nasi) sambal kering tempe.

            Akhirnya persediaan lauk sambal untuk hari itu yang sedianya bisa untuk besok, tidak ada lagi ludes dimakan oleh anak-anak. Hari berikut nya ketika menyediakan sambal kering tempe, maka saya akan memisahkan sambal untuk hari itu dan sisa stoknya saya amankan di tempat lain. Tips kece ala emak-emak. 

Tulisan ini tercipta karena keadaan, colek mbak Nurbaini. Thanks ya......

5 komentar:

  1. enak mbak sambal kering tempe ,,,, enak jadiin cemilan juga kalau saya hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak nur.... kadang-kadang nyari2 makanan. eh sambel inilah yang jadi cemilan

      Hapus
  2. Lauk yang jadi cemilan ini mah nama nya😂😂😂😂

    BalasHapus
  3. Anak saya juga kering tempe, mb lumi share resepnya dong biar bisa dicontek

    BalasHapus