Senin, 15 Januari 2018

Tips Menjahit Tas
           
            Setiap orang punya style gaya tas masing-masing. Untuk kaum pria model  tas tidak begitu penting, karena bagi mereka yang terpenting fungsi tasnya. Hal ini tidak berlaku untuk kaum hawa. Jangan kaget bila ada seorang perempuan beli tas hanya untuk jadi menambah koleksinya. Rela mencari uang hanya untuk membeli tas sesuai keinginannya. Rela mengorbankan uang belanja bulanan hanya untuk membeli tas sesuai keinginan (yang ini jangan ditiru). Bagi orang lain mungkin ini sangat mengherankan. Motif membeli tas hanya untuk koleksi. Aneh apa tidak? 

Itulah uniknya kaum hawa, tas dibeli bisa karena beberapa alasan antara lain karena:

-       ∎ Butuh. Untuk camping, beli tas camping, untuk pulang kampung, beli travel bag, untuk kosmetik ada tasnya, buat perlengkapan mandi ada lagi tasnya tersendiri.
-        ∎Ingin. Lihat-lihat katalog, jalan-jalan ke mall, terlihat tas menarik cantik unik jadi pengen
-       ∎Suka/ hobi. Contoh suka warna pink, segala tas warna pink dibeli mulai dari tas slempang, tas ransel, tas etnik, tas kondangan, dll. Ada yang hobi merk tertentu, setiap ada tas keluaran terbaru dari merk yang disukainya, tak pernah absen untuk membelinya.
-          ∎ Iri. Kawan punya tas kayaknya bagus, ehm jadi pengen punya tas yang kayak begitu.
-        ∎Menambah koleksi. Setiap musim atau setiap tahun, tas yang menjadi trend selalu di update. Tidak sah rasanya kalo koleksinya hanya tas model-model jadul, maka dikejarlah itu tas-tas jaman now yang paling trendy masa kini.
-        ∎ Buat pasangan baju. Punya baju cantik, baju favorit dicarikanlah tas yang cantik yang cocok ketika dipakai. Bisa yang semotif atau sewarna.

            Mengenai harga tas itu relatif. Ada yang murah, sedang, mahal dan sangat mahal. Yang murah meriah kalau dibatam yaitu tas-tas sekenan (jangan salah ya tas sekenan itu kadang-kadang sudahlah murah, kualitas bagus pula dan tas kresek tidak masuk ke pembahasan saya ya). Yang sedang tas-tas di pasar-pasar kaget,  supertmarket, online shop. Tas yang harga mahal bisa dijumpai di mall-mall, di online shop juga ada dan di katalog MLM. Yang sangat mahal sile cek tas-tas merk tertentu karena rate harganya tidak lagi ratusan ribu, tapi sudah jutaan bahkan puluhan dan ratusan juta. Mau nyaingin artis sono  deh. Tas para socialita dipakai bukan karena fungsinya tapi karena brand tertentu.

            Tapi beberapa hal diatas tidak berlaku untuk semua wanita ya. Tidak semua.

Mewah atau sederhana adalah sebuah pilihan

            Sepenggal pengalaman saya setelah memiliki sebuah tas yang lebih suka saya bawa kemana-mana ketika pergi ke sebuah kegiatan karena fungsinya seperti tas doraemon. Bila tas doraemon itu terletak didepan, tapi tas yang baru saya beli adalah tas yang dicangklong di belakang. TAS RANSEL yang menampung semua item mulai dari buku, makanan, baju dan setiap perlengkapan yang diperlukan.

            Belum lama saya membeli  tas ini, baru 3 hari terjadilah tragedi itu. Ketika malam tas yang saya letakkan begitu saja dilantai,  paginya hendak berangkat sekolah terlihat sobek. Dari sobekannya bisa saya pastikan itu adalah bekas gigitan tikus, karena bekas sobekannya bergerigi dan membentuk lubang bulat. Setelah cek didalam tas, memang di dalam ada tas sisa makanan yang tercecer. Rupanya itulah yang menarik bagi mbak siti(kus). Tikus yang terkadang mampir masuk kerumah tanpa diundang dan pulang tidak diantar.  Masya  Allah, kus....... kamu nggak tau ya kalau tas ini baru beli. Pyuuhhh. Ujian...... cobaan........azab.....



            Beberapa lama saya tetap memakai dan membiarkan tas dalam kondisi berlubang. Esoknya baru teringat pengalaman sewaktu SMA, menutup rok yang sobek dengan gambar  bordiran diatas kain. Saya pun mencoba mengaplikasikannya di tas yang sobek tadi. Ternyata hasilnya kurang memuaskan karena nyata sekali nampak tambalannya. Sobekan karena sobek dengan sobekan bekas gigitan memang berbeda bentuknya.  Heh, edisi tas baru beli, tak dipakai sayang, mau dipakai tapi berlobang. Tak sengaja ketika dikampus melihat salah satu kawan saya pandai sekali membuat rajutan. Terlintaslah ide menutupi lubang sobekan dengan bunga rajutan. Tapi saya tidak menyarankan model bunga untuk laki-laki karena model ini terkesan feminim. Tarra....... bunga rajutan hasil karya sahabat saya siap untuk diaplikasikan di tas yang sobek.








            Yang perlu diperhatikan bunga rajutan ukurannya harus lebih besar daripada sobekan/ lubang yang akan ditutup pada tas. Bila bunga rajutan sudah siap langsung saja menjahit tas, menutup lubang sobekan pada tas dengan menggunakan jarum tangan dan benang yang sewarna dengan bunga rajutan. Tidak perlu repot-repot menggunakan mesin. Insya Allah hasilnya sangat sempurna menurut saya. Tidak terlihat ada sesuatu yang janggal. Malah terkesan seperti sebuah karya seni yang diaplikasikan pada sebuah tas. Chic n cantik. Selamat Mencoba.


3 komentar:

  1. haduh.. sayangnyaa tas baru. untung bisa diakalin yaa pakai bordiran. jadi gak ketahuan deh kalau ada gigitan tikusnya..

    BalasHapus
  2. pake bordirannya dicopot lagi mbak.... trus diganti sama bunga hasil rajutan....

    BalasHapus
  3. wah ... tips nya bagus nih
    jadi ada rekomendasi bagi aku agar bisa menjahit sesuai dengan trik nya kak alumistory

    BalasHapus