Minggu, 20 Mei 2018

Coding Mum Batam 2018 Part 2


                Pertemuan pra pelatihan diadakan pada hari Jum’at tanggal 27 April 2018. Bertempat di Universitas Universal. Setelah berkali-kali melihat lokasi yang ada di google map dan bertanya kepada teman-teman akhirnya ada gambaran. Mohon di maklumi karena saya jarang melewati atau pergi ke area tersebut.

Universitas Universal
Jl. Raja H. Fisabilillah No.38, Sungai Panas, Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444
(0778) 473399
                                                
                Dengan persiapan laptop, cus .... berangkat tanpa tahu sebenarnya jalan menuju kesana. Tahunya hanya ketika sudah sampai masjid Raya Batam belok kiri terus dan sampai Hotel Sahid (beberapa hari sebelumnya pernah ke sebuah acara di hotel ini jadi sudah tau lokasinya walau belum hafal sekali). Dan ah...pokoknya lanjut terus kemudian belok dulu ke minimarket. Ngapain di minimarket? Yap beli cemilan plus air mineral dan yang paling penting adalah bertanya kepada kasirnya dimana letak Universitas Universal.

“Mbak, maaf mau nanya. Mbak tau nggak dimana itu Universitas Universal.” Tanyaku.
“Ehm Universitas Universal? E mana ya.” Jawab kasir.
“Ini mbak alamatnya di Vihara Maitreya”, kataku.
“O, Vihara. Ini mbak terus aja sedikit nanti putar balik ke kanan. Setelah itu belok kiri masuk sedikit saja nanti sudah sampai,” jawab kasir.
“Hm, yang itu ya. Oh, apa yang puncak bangunannya yang ada profil-profilnya itu ya. Oke-oke terima kasih ya mbak.” Lanjutku

                Setelah keluar dari minimarket  melanjutkan perjalanan dan menyebrang ke kanan dan putar balik. Kemudian belok kiri terbaca di situ Ruko Kintamani. Entahlah sepertinya saya pernah membaca alamat ini sebelumnya. Di kejauhan terdapat tulisan Universitas Universal. Alhamdulillah..... Awalnya bingung mau masuk lewat gerbang yang mana. Tapi mumpung ada pak satpam langsung saja masuk di gerbang dan bertanya,
 “Maaf pak, mau bertanya tempat pelatihan untuk Coding Mum di Universitas Universal”.
“Oiya ibu masuk saja ke belakang sana, itu gedungnya. Nanti parkir di sebelah kiri ya.” Kata Pak satpam.
“Baik pak terima kasih”, kataku sambil berlalu dari situ.
 
Universitas Universal
                Bangunan lokasi ini yang paling depan adalah Vihara dan di belakangnya ada bangunan Sekolah Maitreya. Kemudian ada lagi gedung bertingkat 5 lantai yaitu Universitas Universal. Setelah memarkir sepeda motor bergegas masuk ke gedung yang di maksud. Kanan kiri terlihat banyak orang-orang keturunan Chinese. “O ini sekolahan nya orang Cina mungkin” hatiku bergumam.
“Wah nanti saya di anggap aneh apa tidak ya?”, pikiranku mengembara kemana-mana.
Kemana-mana modal bertanya, sebelum ke ruangan yang dimaksud tanya lagi dengan orang yang didekat loker.  Kemudian menuju ke ruangan yang dimaksud dengan naik tangga. Tidak ada lift untuk naik ke atas. Hosh hosh....lumayan juga ya kalau setiap hari naik turun begini. Sehat karena olahraga naik turun tangga. Memang unik ya. Bukan karena tak ada uang pastinya untuk membuat lift tapi tentu ada filosofi  dan maksud tersendiri.

                Naik tangga...lantai 2....lantai 3.....Baiklah satu lagi ke lantai 4 dan mencari ruangan 415. Ini bacaannya 411, ehm bukan...lanjut lagi 412, jalan lagi 413  terus jalan 414 ayo terus cari 415. Mana ya kok adanya kamar mandi. Hei, lihat itu ada tulisan spanduk kecil Coding Mum, nah itu dia Alhamdulillah ketemu juga ruangannya. Eh diketuk apa tidak ya. Sepertinya dari luar sepi-sepi saja. Apa sudah masuk semua ya. Dengan nafas yang masih ngos-ngosan tarik nafas wush-wush sepertinya saya terlambat. Dengan ragu buka pintu ruangan pelan-pelan karena takut mengganggu tarrra.......... Sudah ada orang di dalam ruangan. Dikatakan banyak orang tidak tapi dikatakan sedikit juga tidak. Yang pasti banyak yang belum saya kenal. Disusul dengan kedatangan peserta-peserta yang lain dan ada 5 orang yang sudah saya kenal sebelumnya di komunitas Ibu Profesional dan Blogger Kepri.

                Tak berapa lama acara dimulai dengan perkenalan dari Bekraf dan Kolla. Dan dilanjutkan acara yang kedua simulasi pelatihan oleh mbak Gita Cita Puspita (hm...masih muda banget ternyata). Sebelum masuk materi mbak Gita memperkenalkan para calon mentor yang akan membimbing kami dalam belajar. Ada kurang lebih 10 orang  calon mentor. Banyak ya. “Apa mereka nanti akan di jadwalkan per shift ya. Atau mungkin hari ini beberapa orang dan besoknya bergantian. “ pikiran saya asal menebak.


                Dari beberapa calon mentor  cuma ada satu bidadari. Namanya Titi Arimbi atau Titi Arimba ya? Aish bolehlah ternyata bidadari pun ada yang bisa dan ahli di bidang ini. Setelah perkenalan para mentor dilanjutkan dengan perkenalan seluruh peserta satu per satu. Para peserta mengenalkan diri dengan disertai mengapa dan apa motivasi mereka ingin ikut kegiatan ini.

Jreng-jreng acara inti nya dibukalah lesson 1 dengan judul “Internet dan Web Developer” . Saya sudah bersiap-siap bila otak ini tidak mampu menampung materi pada hari itu.

Akhirnya.....lihat kelanjutannya di Part 3

persiapan ramadhan bersama keluarga



Syukur Alhamdulillah Allah masih memberikan kesempatan kepada kami sekeluarga untuk berjumpa dengan bulan ramadan 1439 H. Dikarenakan tahun-tahun sebelumnya masih banyak kekurangan dalam melaksanakan ibadah, tahun ini kami lebih maksimal lagi ibadahnya.

Baca juga https://ummza.blogspot.co.id/2018/05/menjadikan-ananda-cinta-ramadhan.html?m=1

Yang menjadi catatan untuk tahun ini adalah:

  • 1.    Tahun ini si bungsu sudah mulai berlatih untuk puasa walau masih setengah hari
  • 2.  Meminimalisir minuman es saat buka puasa karena kurang bagus untuk kesehatan dan alhamdulillah juga didukung dengan anggota keluarga yang lain. Diganti dengan air putih hangat
  • 3.  Waktu buka puasa dan sahur adalah waktu bersama keluarga (quality time)
  • 4.   Saat berbuka puasa usahakan makanan yang biasa di sediakan setiap hari atau menu sederhana karena sejatinya buka puasa jangan sampai seperti ajang balas dendam karena siang tidak makan. (Diawali dengan minum air putih dan kurma)
  • 5.    Saat sahur usahakan walaupun tidak istimewa tetapi yang menggugah selera karena makan saat pagi hari terkadang kurang mood
  • 6.    No-TV karena saat ini terlalu banyak acara TV yang tidak bermanfaat. Seandainya pun ada terkadang iklan nya malah tidak mendidik
  • 7.   Membuat list kegiatan yang akan kami lakukan selama ramadhan, seperti kegiatan sebelum buka puasa dengan tadarus, hafalan, materi akhlak, kegiatan sosial, berbagi, dll
  • 8.   Ramadhan kali ini kami ingin membuat project  “TOPLES SYUKUR”. Sebelum tidur setiap anggota keluarga menulis satu hal yang paling disyukuri hari itu. Kemudian kertas tadi di lipat dan di masukkan toples. Buka toplesnya hanya pada saat Idul Fitri.

Selamat berpuasa. Lakukan persiapan bersama yang kreatif.

Aplikasi catatan keuangan di Android                           Aplikasi sed...