Kamis, 01 November 2018

Cara Tingkatkan Kecerdasan Anak 1




Bismillah......

            Alhamdulillah sudah memasuki materi ke 3 yaitu “Pentingnya meningkatkan kecerdasan anak demi kebahagiaan hidup”. Sebelum lanjut ke bagaimana cara meningkatkan kecerdasan anak mari kita tahu terlebih dahulu apa itu cerdas.
           
Saya sempat keliru dalam mengartikan kata “cerdas” dan kata “pintar”. Padahal menurut  KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia):
1.      Cerdas artinya 1 sempurna perkembangan akal budinya (untuk berpikir, mengerti, dan sebagainya); tajam pikiran 2 sempurna pertumbuhan tubuhnya (sehat, kuat)
2.      Pintar artinya 1.pandai; cakap 2 cerdik; banyak akal 3 mahir (melakukan atau mengerjakan sesuatu

“Pintar belum tentu cerdas, Cerdas sudah tentu pintar”
“Kesuksesan tidak ditentukan oleh kepintaran, tapi kecerdasan merupakan awal sebuah kesuksesan”

            Oke sekarang saya fokus pada kata “cerdas”. Dimateri kuliah online Intitut  Ibu Profesional kali ini tantangannya adalah “pilih satu kecerdasan yang akan Anda latih dalam proyek bersama”. Dimateri tersebut diterangkan bahwa kecerdasan dibagi menjadi 4 Kecerdasan. Antara lain:

A. Kecerdasan Intelektual (Intellectual Quotient)
Adalah kemampuan untuk menalar, perencanaan sesuatu, kemampuan memecahkan masalah, belajar memahami gagasan, berfikir, penggunaan bahasa dan lainnya.

B. Kecerdasan Emosional (Emotional Intelligence)
Kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.

C. Kecerdasan Spiritual  (Spiritual Intelligence)
Kemampuan untuk mengenal Allah dan memahami posisinya sebagai hamba Allah. Inilah yang disebut dalam agama sebagai fitrah keimanan.

D. Kecerdasan Menghadapi Tantangan (Adversity Intelligence)
Kemampuan untuk mengubah hambatan menjadi peluang.

Untuk tantangan “pilih satu kecerdasan yang akan Anda latih dalam proyek bersama” saya akan fokus di Kecerdasan Spiritual dan berpatner dengan si sulung. Semoga lancar proyeknya nanti. Aamiin.

#Hari1
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam



Ketika Anak Bertanya tentang Seksualitas

Banyak orang tua yang menghindar dan memilih mengalihkan topic yang sedang ditanyakan oleh sang anak. Apalagi saat anak bertanya tentang...