Selasa, 15 Januari 2019

Stimulasi Anak Membaca 3


"Ummi, tolong bacain ini ya.”, pinta si bungsu yang masih sekolah Roudhotul Athfal (setingkat TK).
“Oke-oke ambil buku ya. Yang tipis saja dulu. Ini buku kisah-kisah Nabi”, jawabku semangat.
Setelah selesai membacakan buku si kecil saya mengambilkannya selembar daun literasi, kemudian menuliskan judul, pengarangnya, nama pembaca dan tanggal membaca. Kemudian kertas daun literasi saya tempelkan di dahan bagian si bungsu.

 Iya saya sengaja membacakan buku untuk si bungsu agar tetap mau bersahabat dengan buku meki belum bisa membacanya. Tapi untuk namanya sendiri si bungsu sudah bisa dan hafal cara menulis nama panggilannya.

Materi perkuliahan – Institute Ibu Profesional mengatakan bahwa sebelum lebih jauh membahas tentang teknik menstimulasi anak membaca kita perlu memahami terlebih dahulu tahapan-tahapan yang perlu dilalui anak-anak dalam meningkatkan keterampilan berbahasanya.
Tahapan tersebut adalah sebagai berikut :
a. Keterampilan mendengarkan (listening skills)
b. Ketrampilan Berbicara (speaking skills)
c. Ketrampilan Membaca (reading skills)
d. Ketrampilan Menulis (writing skills)

Alhamdulillah. Khusus si bungsu karena belum bisa membaca maka saya akan melakukan tahapan pertama yaitu keterampilan mendengarkan. Luangkan waktu untuk membacakan cerita atau dongeng untuknya.

#Hariketiga
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lele Goreng Serundeng

”Tak Pandai Bukan Berarti Tak Bisa” Pernahkah Anda menemukan orang yang ingin makan Lele Goreng tapi tidak tega mau mati-in ikan l...