Selasa, 26 November 2019

Lele Goreng Serundeng



”Tak Pandai Bukan Berarti Tak Bisa”

Pernahkah Anda menemukan orang yang ingin makan Lele Goreng tapi tidak tega mau mati-in ikan lelenya. Kalau lelenya gede-an, geli rasanya. Rempong banget masaknya pake nyiprat-nyiprat minyaknya. Payah banget ngebersihin ikannya, yang licinlah, yang ketusuk lah, de el el. Dramalah judulnya.

Pengen bisa masak ikan lele, tapi tak pandai.
Tapi pengen juga masak ikan lele hasil karya sendiri.

Jadi apa dong solusinya?
Yap. Ini pengalaman pribadi saya, semoga bisa bermanfaat buat yang lainnya ya. Siapapun yang ingin menikmati lezatnya Ikan lele goreng. Ikan air tawar yang menggoda selera.

Saya mengikuti salah satu rumah belajar Memasak (rumbel memasak) yang merupakan salah satu unit di bawah bimbingan IP Batam (Ibu Profesional Batam). Dalam rumbel ini ada tantangan memasak resep yang sudah di share oleh salah satu anggota. Nah, yang dishare kali  ini adalah resep Ayam Goreng Serundeng ala Pitra. Resep tersebut bisa kita variasikan sesuai dengan keinginan kita. Penambahan atau pengurangan bumbu sesuai selera. Ayam bisa digantikan dengan lele atau ikan lainnya.

Keren dong challenge nya. Iyah tapi itulah sebagaimana yang saya sampaikan diawal drama saya terhadap si lele. Tapi bukan berarti kita menyerah dong.

Alhamdulillah ada seorang kawan yang menjual ikan lele ”Lesgo”, Lele Siap Goreng. Dalam 1 bungkus isinya 1 kilogram kurang lebih berisi 8 atau 9 lele. Saya sampai berpesan kepada kawan tersebut ikan lelenya boleh pilih yang kecil-kecil apa tidak? Eh ternyata ukuran lelenya tidak kecil dan juga tidak sedang, sudah pas menurut saya. Kondisi ikan lele sudah dibersihkan dan sudah dikasih bumbu. Untuk penyimpanan cukup letaknya di freezer. Bila ingin menggoreng ya tinggal dikeluarkan dan digoreng, sreng sreng dech....


Untuk bikin serundengnya bagaimana.....?

Berhubung saya terburu-buru dalam menggoreng, maka kelapa parut saya campur dengan garam dan penyedap kemudian digoreng terpisah dengan ikannya agar tidak gosong.
Dan..... jadilah ikan lele goreng plus serundeng ditabur sahajah.
(Nyam-nyam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lele Goreng Serundeng

”Tak Pandai Bukan Berarti Tak Bisa” Pernahkah Anda menemukan orang yang ingin makan Lele Goreng tapi tidak tega mau mati-in ikan l...