Selasa, 14 Januari 2020

Cara Agar Otak Mengeluarkan Ide


"Aduh, ideku lagi mampet," kata fulan.
"Blank...bener-bener blank," kata fulanah.
"Aih buntu sudah pikiranku," sahut yang lainnya.

Pernahkah Anda mengalami hal-hal seperti diatas. Pada saat menghadapi sebuah permasalahan, otak seperti komputer heng. Merasa otak tak lagi bisa diajak untuk berpikir. 
Dikejar deadline tulisan, terburu-buru tetap saja ide tak terbersit di pikiran.

Apa yang kamu lakukan bila menghadapi hal seperti ini?

Banyak cara sebenarnya tergantung tiap-tiap orang. Namun saya contohkan 3 aktivitas yang bisa kamu coba agar pikiran yang sedang buntu bisa terbuka lagi. Ide yang mampet bisa lancar kembali. Caranya yaitu:

1. Sholat. Pada saat sholat, otak dalam kondisi tenang. Dalam kondisi seperti ini ide banyak bermunculan dan berkelebatan.
2. Bilik perenungan, saat ketika Anda buang air besar (BAB). Tak jarang orang yang kehilangan kunci, jadi teringat dimana letak kunci saat BAB. 
3. Naik motor, orang yang sedang menyetir baik roda 2 maupun roda 4 perhatiannya akan fokus pada 1 titik yaitu jalan raya. Maka jangan heran pada saat fokus seperti ini ide-ide briliyan akan bermunculan tergantung pada apa  yang Anda pikirkan saat itu.

Well semoga tak ada lagi permasalahan mampet ide, buntu dan lainnya. Selamat mencoba.

7 komentar:

  1. Mba lumi.... ide yg muncul pas sholat justru kadang bikin kita ga khusyuk heu๐Ÿ˜ข

    BalasHapus
  2. Di kamar mandi emang sumbernya inspirasi ya ๐Ÿ˜…

    Cuci piring juga sering kali memunculkan ide. Terutama ketika tidak diburu2. Intinya ide muncul ketika kita tidak merasa terburu-buru sepertinya ya

    BalasHapus
  3. Singkat dan padat tapi jelas dan aplicable. MasyaAllah ❤

    BalasHapus
  4. intinya harus tenang dan fokuse gitu ya.. sulit ini bagi emak-emak kaya aku yg pikirannya suka menclok ke mana-mana..

    Jadi ingat, dulu temanku ada yg sediain whiteboard gitu di kamar mandi, supaya bisa langsung catat ide yang muncul..wkwk..

    BalasHapus
  5. Hahahha di kamar mandi ini berarti bukan cuma aku yang muncul ide ya. Ku pikir aku aneh sendiri. Ada di kok muncul nya di tempat mengeluarkan isi perut.

    BalasHapus
  6. Hahaha
    Tipsnya jitu..
    Makasi mbaa.

    BalasHapus

Merapikan baju part 1

Waktunya beberes baju....... Setelah sekian lama berkutat pada agenda beberes buku dan kertas, kini saatnya saya beralih ke benda yang ber...