Minggu, 14 Agustus 2022

Manfaat kembang 7 rupa

 

Indonesia memiliki kekayaan yang belum tentu dimiliki oleh negara lain. Seperti contohnya tanaman berupa bunga. Berbagai macam dan jenis bunga yang ada di Indonesia tumbuh dengan subur. Hal ini mempengaruhi tradisi dan budaya masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu mandi kembang 7 rupa, penggunaan bunga dalam tradisi perayaan adat, dan lain-lain.
Kembang 7 rupa dalam istilah lainnya sering disebut kembang setaman. Istilah kembang sendiri sinonimnya bunga. Saat mendengar kata mandi kembang 7 rupa maka pikiran sebagian masyarakat Indonesia langsung tertuju kepada hal-hal yang magic dan gaib. Betul? 
Namun taukah Anda bahwa ternyata dari 7 jenis bunga tersebut, semuanya memiliki manfaat yang sangat beragam. Terlepas dari kepercayaan dan keyakinan bahwa rangkaian bunga-bunga tersebut memiliki efek magis atau tidak. Saya tidak mengatakan hal ini boleh atau tidak boleh. Tapi saya mencoba menelisik lebih jauh manfaat dari setiap jenis bunga yang digunakan.
Apa saja sih bunga yang dimaksud dalam kembang 7 rupa itu? Antara lain: 
1) Bunga Melati 
2) Bunga Cempaka Putih (Kantil)
3) Bunga Mawar Merah
4) Bunga Mawar Putih
5) Bunga Sedap Malam
6) Bunga Kenanga
7) Bunga Melati Gambir

Penjelasan manfaatnya adalah sebagai berikut ini:

1. Bunga Melati 
Bunga melati bisa dijadikan sebagai losion dan aromaterapi. Kandungan minyaknya bersifak antioksidan, antiradang dan antibakteri. Bagus untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaatnya yaitu:
a. Antiseptik Alami
b. Anti Penuaan
c. Mengatasi Kulit Sensitif
d. Meratakan Warna Kulit
e. Membantu Mengontrol Minyak Berlebih
f. Pelindung Kulit Kepala

2. Bunga Cempaka Putih (Kantil)
Bunga cempaka atau yang dalam bahasa ilmiah dijuluki dengan nama Magnolia champaca merupakan salah satu jenis bunga yang sangat mudah dijumpai di negara Asia, termasuk Indonesia. Manfaat bunga cempaka antara lain:
a. Mengatasi Radang Gusi
b. Meredakan Rasa Cemas dan Gelisah
c. Menangkal Efek Radikal Bebas
d. Menjaga Kadar Gula Darah
e. Mengatasi Vertigo
f. Meredakan Batuk Berdahak
g. Mengatasi Penyakit pada Saluran Pernapasan
h. Mengatasi Keputihan
i. Menjaga Berat Badan
j. Meringankan Gejala Menopause

3. Bunga Mawar Merah
 
Manfaat Bunga Mawar Bagi Kulit
Terdapat berbagai khasiat bunga mawar yang bisa mempercantik kulit kamu. Dari mulai kulit berjerawat hingga kusam, bunga mawar dapat membantu kamu untuk mengatasi masalah tersebut. 
a. Obat Jerawat Alami
b. Melembabkan Kulit Wajah
c. Mencerahkan Warna Bibir
d. Mengatasi Peradangan pada Kulit
e. Menghambat Penuaan Dini
 
Manfaat Bunga Mawar untuk Kesehatan
Selain menjaga kecantikan kulit, khasiat bunga mawar lainnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Apa saja manfaat bunga mawar untuk kesehatan tubuh? Bagaimana cara pengolahannya agar bermanfaat bagi tubuh?
a. Baik untuk Sistem Pencernaan
b. Meredakan Sakit Kepala
c. Menurunkan Berat Badan
d. Meningkatkan Sistem Imun
e. Menyehatkan Mata

4. Bunga Mawar Putih

Berbicara tentang manfaat dan khasiat dari bunga mawar sendiri tidak lepas karena kandungan yang telah ada di dalamnya. Untuk kandungan yang telah ada sangatlah banyak sekali dan bermanfaat untuk kesehatan. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat bunga mawar putih, berikut inilah manfaatnya.
a. Menjaga kesehatan mata
b. Menjaga kesehatan rambut
c. Menjaga kesehatan kulit
d. Menurunkan tekanan darah.
e. Menghilangkan jerawat
f. Merileksasikan diri
g. Menghilangkan bau mulut
h. Mengobati nyeri haid
i. Mengobati kaki bengkak
j. Melancarkan saluran pencernaan
 
 5. Bunga sedap malam
Bunga sedap malam atau tuberose flower merupakan salah satu bunga yang banyak dikenal oleh orang Indonesia. Bunga ini juga telah ditetapkan sebagai flora identitas Jawa Timur. Namun, tahukah bahwa bunga sedap malam sebenarnya bukan bunga asli Indonesia?
Bunga ini diperkirakan berasal dari Meksiko dan dibawa masuk ke Indonesia sejak masuknya bangsa Eropa dan Tiongkok ke Indonesia.
Biasanya, bunga ini mekar dan menebarkan aroma wangi yang khas pada malam hari.
Nah, dari sinilah orang Indonesia menyebut bunga ini dengan sebutan bunga sedap malam.
Bunga sedap malam memiliki wangi yang semerbak dan bentuk serta nuansanya yang cantik.
Selain itu, bunga sedap malam sering digunakan sebagai bagian dari dekorasi sudut ruangan pada acara istimewa. Sedap malam juga sering digunakan di dunia aromatherapy.
Bunga sedap malam mampu membantu merelaksasikan pikiran, menekan rasa cemas, dan meningkatkan daya imajinasi seseorang. Bisa jadi, hal ini karena kandungan minyak atsiri yang terdapat di dalamnya, dari mulai batang, daun, dan bunga itu sendiri.

Manfaat Bunga Sedap Malam

Berbagai manfaat bunga sedap malam berikut ini.
a. Mencegah Insomnia
b. Berguna untuk Mengurangi Gejala Pilek dan Batuk
c. Membantu Melawan Infeksi Kulit
d. Penguat Peredaran Darah

6. Bunga Kenanga
Nama bunga kenanga diambil dari bahasa jawa yang berarti kenangan atau masa lalu dan bisa jadi sebuah istilah yang selalu di ingatkan agar selalu mengingat pada apa yang telah terjadi dahulu. Kenanga memiliki arti generasi penerus leluhur.

“Beberapa manfaat bunga kenanga yang perlu kamu tahu yaitu mampu memberikan efek relaksasi, meningkatkan hasrat seksual, mengobati masalah kutu, dan juga gigitan serangga.”
Selain wangi dan menyegarkan, aroma bunga kenanga dapat digunakan sebagai aromaterapi untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan berpikir. Untuk makanan, minyak bunga kenanga juga bisa digunakan sebagai penyedap rasa. Sedangkan untuk kecantikan, bunga kenanga diolah menjadi bahan kosmetik dan sabun. 
Manfaat lainnya:
1. Memberikan Efek Relaksasi dan Mengurangi Kecemasan
2. Mengurangi Tekanan Darah
3. Mencegah dan Mengobati Infeksi Jamur
4. Mengobati Asma, Gejala Malaria, sampai Masalah Seksual
5. Mencegah Kutu Rambut dan Gigitan Serangga

7. Bunga melati gambir
Bunga melati merupakan salah satu bunga yang sangat populer baik di Indonesia bahkan seluruh dunia. Warnanya yang putih bersih dan kekhasan aromanya menjadikan bunga ini dikagumi dan disukai oleh banyak orang. Bahkan bunga ini dinobatkan sebagai puspa bangsa yang melambangkan kesucian dan kemurnian. 

Melati gambir kerap digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman seperti teh kemasan. Hal ini didukung oleh aromanya yang relatif lebih kuat dibanding jenis melati lainnya sehingga dapat menambah aroma dan rasa minuman teh. Jika anda membuka usaha pembibitan dan penjualan melati gambir maka anda tidak perlu khawatir mengenai pangsa pasarnya karena selain masyarakat pencinta tanaman industri minuman juga membutuhkan bunga ini sebagai bahan baku.
Selain itu manfaat melati gambir yang beraroma khas dan kuat ini juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum atau minyak wangi. (alumi-ulum)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat kembang 7 rupa

  Indonesia memiliki kekayaan yang belum tentu dimiliki oleh negara lain. Seperti contohnya tanaman berupa bunga. Berbagai macam dan jenis b...