Rabu, 12 September 2018

Komunikasi Produktif Hari Keenam



 “Mi... apa itu shoplen”, tanya si sulung.
“Hm shoplen. Apa itu ya?” tanyaku kembali karena bingung dengan apa yang dimaksud oleh si sulung.
“Itu lho mi yang ditaruh dimata.” Jawabnya
“Oh itu softlens bukan shoplen kak. Itu untuk mata sebagai pengganti kacamata.” Jawabku
“Ayok mi kita periksa mata. Kata kawan kakak dia periksa trus pake softlens. Nanti matanya bisa macam-macam warnanya.” Lanjutnya
“Softlens itu bukan untuk gaya-gaya an lo kak. Tidak sembarang memakai softlens. Kalau sembarangan bisa-bisa merusak mata. Kalau mata kita sehat untuk apa pakai begituan. Kan kalau mata kita minus buram-buram gitu baru perlu pakai kacamata atau softlens.” Aku mencoba menerangkan kepadanya perihal softlen.
“O gitu ya mi. Jadi kalau mata kita minus buram-buram tengok tulisan kan. Nah mi mi. Mata kakak kalau tengok tulisan juga kabur lo mi. Agak-agak nggak jelas gitu”, katanya.
“Ah masa iya, mata kakak kabur ya.” Jawabku. Kemudian terlintas ideku untuk menggodanya.
“Kalau kabur ya ditangkap lah. Biar nggak lepas. Biar jangan kabur” Godaku.
Kami tertawa serempak.
“Ih ummi kok tahu. Kakak tadi juga mau ngomong gitu lo.” Katanya sambil tertawa karena ternyata dia hanya ingin membuat joke. Dan sayangnya joke nya secara kebetulan terjawab.

Itulah sepenggal obrolan dengan si sulung. Sampai hari ini saya masih belum menemukan formula yang tepat atau menulis dengan pas apa-apa yang hendak saya ceritakan di tantangan 10 hari game level 1 ini. Dalam 1 jam mungkin saya bisa hafal materinya. Tetapi saat menghadapi realnya, terkadang saya bingung. Eh yang mana satu ya poin yang akan saya kerjakan. Sehingga baru seperti inilah yang bisa saya tulis. Terima kasih kepada Ibu Profesional atas materi-materinya yang luar biasa.


#hari6
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#institutibuprofesional


Ketika Anak Bertanya tentang Seksualitas

Banyak orang tua yang menghindar dan memilih mengalihkan topic yang sedang ditanyakan oleh sang anak. Apalagi saat anak bertanya tentang...