Minggu, 25 Agustus 2019

Pemahaman Perbedaan Gender



Kita perlu memahami bahwa gender dan seks itu berbeda. Gender adalah sifat atau perilaku dan peran sebagai laki laki dan perempuan. Sedangkan seks adalah organ vital yang ada pada manusia, laki-laki atau perempuan. Sifatnya pun berbeda, jika seks bersifat mutlak, sedangkan gender bisa ditukar.

Menurut Wikipedia, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan gender sebagai "... peran, perilaku, kegiatan, dan sifat yang terkonstruksi secara sosial dan dipandang diperuntukkan berbeda ke dalam kategori maskulin dan feminin. "Food and Drug Administration (FDA) dahulu menggunakan istilah gender untuk menyebut perbedaan fisiologis antara laki-laki dan perempuan. Pada tahun 2011, FDA merevisi sikap tersebut dan mulai menggunakan istilah seks untuk menyebut klasifikasi biologis dan gender untuk "representasi diri seseorang sebagai laki-laki atau perempuan atau bagaimana ia merespon terhadap institusi-institusi sosial yang didasarkan pada presentasi gender seseorang." Gender juga kini masih dipakai untuk menyebut fisiologi hewan nonmanusia tanpa mengartikannya sebagai peran sosial gender.

Cara memahamkan perbedaan gender bisa melalui berbagai cara salah satunya dengan melalui media, games-games dan pola asuh keseharian.

#Day1
#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aplikasi catatan keuangan di Android                           Aplikasi sed...